Sejarah Berdirinya MA Al-Muayyad Surakarta

Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta berdiri pada tahun 1974 M. yang beralamat di Jl. KH. Samanhudi No 64 Surakarta. Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta merupakan bagian dari Progam pendidikan yang dikelola oleh Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan Surakarta yang telah dirintis sejak tahun 1930 M oleh simbah KH. Abdul Mannan yang mendapatkan dukungan dari KH. Ahmad Shafawi. Setelah 7 tahun, kepemimpinan Pondok Pesantren diserahkan oleh KH. Ahmad Umar Abdul Mannan.

Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta didirikan, diantaranya; 1) sebagai agenda perluasan dan pengembangan pendidikan di pondok pesantren, 2) sebagai upaya penyempurnaan terhadap sistem pendidikan di pondok pesantren, 3) sebagi usaha pembaruan dan menjembatani hubungan antara sistem pendidikan tradisional (pesantren) dengan sistem pendidikan modern.

Kepala Madrasah pertama diamantkan kepada Drs. Hadi Muhtarom dari Tahun 1974 - 1981. Tahun 1981 Kepala Madrasah diserahkan kepada bapak M. Nurhadi, BA sampai Tahun 2000. Tahun 2000 sampai sekarang diserahkan kepada bapak Drs. Masrokan.

Awal berdirinya Madrasah masih menginduk kepada MAN I Surakarta, kemudian tahun 1985 Madrasah Aliyah Al-Muayyad mengajukan Akreditasi untuk status Diakui, sehingga pelaksanaan EBTANAS dapat dilakukan di komplek Madrasah Aliyah Al-Muayyad sendiri. 
Madrasah Aliyah Al-Muayyad selalu melakukan upaya yang terus menerus untuk meningkatkan kualitas dalam penyelenggaraan pendidikan, hingga peserta didik dapat mencapai keberhasilan baik dalam penguasaan ilmu pengetahuan, keterampilan maupun dalam pembentukan kepribadian. Dengan harapan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu bersaing serta mampu menghadapi tantangan dan tuntutan masyarakat modern.

Pada 26 Oktober 2016 Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta memperoleh akreditasi A dari BAN-S/M. Akreditasi BAN-S/M merupakan pengakuan eksternal terhadap penilaian kualitas Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta. Dengan nilai A diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan semangat para guru dan semua pihak yang terlibat dan berperan dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta

Untuk memperkuat keberhasilan Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta dalam Progam Tahfidhul Qur’an, maka mulai Tahun Pelajaran 2009/2010 dibuka Program Tahfidh Al-Qur'an 30 Juz sebagai Progam Unggulan. Selain itu secara otomatis lebih memaksimalkan Progam Pendidikan Agama Islam di MA Al-Muayyad Surakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin